Jumat, 01 November 2019

Pengobatan Cara Nabi: Pengalaman Pribadi atau Petunjuk Ilahi?

Umat Islam meyakini bahwa Allah menurunkan obat untuk tiap penyakit. Nabi mendorong kaum muslimin untuk mencari pengobatan untuk penyakit, dan sahabat selalu mendengarkan nasihat Nabi yg berhubungan dengan pengobatan. Namun ada perbedaan pendapat tentang tip-tip pengobatan dari Nabi, ada yg mempercayai bahwa hal itu bagian dari informasi yang diterima dari Allah SWT., dan ada pula yang punya pendapat berbeda, bahwa tip-tip pengobatan itu adalah pengalaman pribadi dan hasil dari pengaruh lingkungan.

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa setiap penyakit ada obatnya kecuali tua dan kematian. Hal ini menginspirasi para pasien dan dokter untuk selalu memiliki harapan. Orang yang sakit akan terus memilki harapan bahwa cepat atau lambat mereka akan mendapat obat yang menyembuhkan, sedangkan dokter akan terus bekerja keras menemukan obat untuk berbagai penyakit.

Namun, sebagian masyarakat bersikap berlebihan dalam hal ini, dan sikap berlebihan ini cenderung sia-sia. Sikap berlebihan cenderung merusak agama, sebagai mana juga merusak ilmu pengetahuan. Beberapa tips pengobatan nabi kepada para sahabat, adalah wajar berdasarkan latar belakang dan fakta bahwa Beliau adalah orang Arab, yang hidup di lingkungan Arab dan belajar kebudayaan masyarakat sekitar. Nabi pembelajar yang hebat, beliau cerdas, peka, & berwawasan akan berbagai hal. Sehingga beliau mampu belajar dari sekelilingnya.

BACA SELENGKAPNYA DI https://bsmijakarta.or.id/pengobatan-cara-nabi-pengalaman-pribadi-atau-petunjuk-ilahi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar