Rabu, 11 Juli 2018

12 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Karyawan Sibuk


Keterampilan berbahasa Inggris sangat diperlukan di dunia kerja, terutama di perusahaan asing. Sebagai karyawan, Anda perlu memiliki keterampilan berbahasa Inggris agar dapat bersaing di tempat kerja.
Soalnya, seorang karyawan yang menguasai bahasa Inggris merupakan aset yang berharga untuk perusahaan.
Namun, di tengah kesibukan yang begitu padat bagaimana Anda bisa meluangkan waktu untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak?
Tentu ini menjadi sebuah permasalahan baru. Jangankan untuk belajar, waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor saja sering kurang.
Nah, bagaimana caranya agar bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak walaupun kerjaan menumpuk? Jangan khawatir, 12 tips berikut ini bisa Anda coba.

1. Dengarkan lagu atau tonton video bahasa Inggris saat istirahat jam kantor

Lagu merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris.
Benny Lewis, seorang polyglot mengungkap berbagai manfaat mendengarkan lagu berbahasa Inggris, salah satunya memperbanyak kosakata dan kemampuan mendengarkan.
Tidak hanya itu, ikut bernyanyi dengan Bahasa Inggris membuat Anda melatih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.
Hal ini sangat baik Anda lakukan saat jam istirahat kantor. Setiap lagu biasanya berdurasi 3 sampai 5 menit.
Atur waktu istirahat Anda agar dapat mendengarkan lebih dari satu lagu atau video bahasa Inggris favorit Anda, misalnya di video dari Youtube.

2. Selipkan kata-kata dalam bahasa Inggris saat mencatat

Jika Anda termasuk karyawan yang rajin mencatat saat pelatihan atau kegiatan lain di kantor, Anda perlu mengikuti satu tips ini.
Gunakan beberapa kosakata bahasa Inggris dalam catatan Anda. Jangan terlalu memikirkan spelling atau ejaan yang benar, yang penting Anda tulis saja dulu kata-kata tersebut.
Saat jam istirahat kantor, Anda bisa gunakan beberapa menit untuk mengecek spelling yang benar dalam Kamus Bahasa Inggris.
Cara ini akan membantu Anda meningkatkan kemampuan menulis.

3. Selipkan sesekali bahasa Inggris dalam percakapan di kantor

Melakukan percakapan dengan orang lain adalah cara yang ampuh untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak.
Sesibuk apa pun Anda di kantor, pasti Anda punya waktu walaupun hanya sebentar untuk bercakap dengan rekan kerja. Gunakan waktu emas tersebut untuk bercakap dalam bahasa Inggris.
Jangan pernah malu untuk memulai percakapan dalam bahasa Inggris. Jika Anda salah dalam mengucapkan sebuah kata, tidak masalah. Toh, Anda sedang belajar.
Jadi Anda bisa belajar pula dari kesalahan tersebut.

4. Menggunakan bahasa Inggris saat presentasi

Selain dalam obrolan ringan, tidak ada salahnya Anda melatih komunikasi formal dalam bahasa Inggris.
Entah hanya sekedar memberi salam atau bertanya apakah peserta mengerti presentasi Anda dengan mengajukan pertanyaan, “Do you have any question?
Dengan melatih komunikasi dalam Bahasa Inggris di kantor, hal ini akan membuat Anda lebih semangat bekerja dan mempelajari bahasa Inggris karena Anda menggunakan bahasa tersebut dalam keseharian, baik itu formal maupun non formal
Lihat kelanjutanya, Klik di link dibawah ini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar